Sabtu, 22 Mei 2010

Gaya Hidup Sehat

Apakah Gaya hidup Sehat Itu?

Gaya Hidup Sehat adalah upaya menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan yang buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Bergaya hidup sehat berarti :

1. Mampu mengendalikan stres

2. Tidak merokok

3. Makan tidak berlebihan, memperhatikan menu seimbang

4. Tidak mengkonsumsi obat berbahaya (narkoba) dan alcohol

5. Tidak menganut sex bebas

6. Berolah raga secara teratur

7. Istirahat yang cukup

Pengendalian Stres

Stres dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Kiat menghindari Stres antara lain : Menerima kenyataan, berbagi rasa, belajar untuk santai, membina keluarga bahagia, konsultasi medis dan berserah diri serta berdo’a kepad Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak Merokok

· Asap rokok bersifat karsiogenik karena dapat menyebabkan kanker paru

· Nikotinnya menaikan tekanan darah secara mendadak dan merangsang jantung berdenyut lebih cepat sehingga beresiko terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi dan meningkatkan kolesterol dalam darah.

· Cara menghentikannya harus disertai niat untuk melakukan penundaan saat merokok dan pengurangan jumlah rokok yang dihisap secara dijadwalkan selama 30 hari sebelum berhaenti total.

Makan makanan yang sehat

· Makan tidak berlebihan, mengandung serat dan zat-zat gizi yang diperlukan tubuh

· Mengkonsumsi lebih banyak buah segar dan sayuran

· Minum air putih 6 s/d 8 gelas sehari

· Mengurangi konsumsi protein hewani, menggantinya dengan protein tumbuhan seperti tahu dan tempe

· Mengurangi garam, gula, sirup dan coklat, serta makanan berlemak seperti goreng-gorengan.

Berolah Raga

Olah raga dikatakan cukup bila memenuhi FIT (Frekwensi, Intensitas, dan Tempo/Waktu). Frekwensi minimal 3 kali seminggu, Intensitas mencapai denyutan nadi 70% sampai 85% dari denyut nadi maksimum yaitu 220 dikurangi umur dan Tempo paling sedikit 20 menit. Olah raga yang teraman, terbaik dan termurah adalah berjalan kaki cepat, bukan jalan santai.

Menghindari Obat Berbahaya dan Alkohol

Kemerosotan fisik, kerusakan mental, kerugian sosial, tertularnya AIDS melalui jarum suntik dapat dicegah dengan menjauhi obat berbahaya (narkoba) dan minum beralkohol. Menciptakan hubungan harmonis antara orang tua dan anak, mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar, berhati-hati dalam pergaulan, tidak mencoba-coba untuk menggunakan narkoba dan meminum minuman beralkohol khususnya minuman keras, dapat mencegah penyalah gunaan narkoba dan alkohol.

Tidak Menganut Sex Bebas

Tidak melakukan sex diluar nikah, tidak melakukan hubungan sex dengan berganti-ganti pasangan, setia kepada satu pasangan yang sah. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa akan menjauhkan resiko tertularnya penyakit AIDS.

Istirahat Yang Cukup

Jumlah jam istirahat yang ideal antara 7 hingga 8 jam untuk orang dewasa. Bagi anak-anak serta bayi memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 9 hingga 10 jam.

Kesimpulannya Gaya Hidup Sehat adalah kebiasaan melakukan makan dengan gizi cukup seimbang, berolah raga teratur, istirahat cukup serta menghindarkan stres, merokok, narkoba dan minuman beralkohol, serta tidak melakukan sex bebas.

Sumber : Pusat Kesehatan TNI, Majalah Tentara Nasional Indonesia “PATRIOT” Gema Persatuan Bangsa Edisi No-31/Tahun-VIII/Agustus-2007

diketik ulang oleh Euis Yanti Supartika, sebagai tugas MK Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya.… Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"
Ada kesalahan di dalam gadget ini