Sabtu, 29 Mei 2010

Cara menyusui yang baik

1. Mengapa Sebaiknya ASI

Hadiah yang paling berharga bagi bayi anda yang baru lahir adalah ASI ( Air Susu Ibu). Beragam gizi yang dikandung ASI memberikan keseimbangan ideal antara protein, laktosa, mineral dan vitamin.

Manfaat Bagi Bayi

a. Kolostrum memberikan bayi anda air, protein, lemak, laksos, mineral, vitamin, dan antibodi yang akan melindungi dirinya dari infeksi, terutama terhadap kuman yang menyebabkan gastroenteritis.

b. ASI benar – benar bergizi sehingga tidak memerlukan tambahan. Komposisinya juga unik bagi bayi anda serta akn bervariasi bersamaan dengan pertumbuhannya.

c. Saat – saat menyusui berkaitan dengan kenyamanan, rasa aman, dan kebahagiaan karena bayi anda berhadapan wajah dengan anda.

d. Pemberian ASI meyakinkan bayi anda bahwa ia berada dalam perawatan seseorang yang dapat diandalkan yaitu anda, ibunya. Pada andalan ia melekatkan dirinya. Pengalaman pertama dalam hal mencinta dan dicintai ini adalah pengalaman dasar bagi perkembangan emosi seorang anak.

Manfaat Bagi Anda

a. Hisapan awal, kerap, dan terus menerus menstimulasi hormon yang mengatur produksi dan pelepasan kolostrum, selanjutnya ASI. Kontraksi otot rahim juga terbantu untuk kembali pada ukuran pra-hamil.

b. Anda menyadari bahwa anda memberikan makan bayi anda di luar rahim dengan sesuatu yang dihasilkan oleh tubuh anda. Kesadaran ini memberikan kepuasan yang besar.

c. Makin bayi anda menghisap, makin banyak pula susu yang anda hasilkan.

d. Pemberian ASI tidak memerlukan biaya dan menyenangkan.

e. Memberikan ASI secara penuh mempunyai efek kontraseptif tertentu

Perkembangan Payudara

Pada waktu dilahirkan semua bayi mempunyai dada yang belum berkembang dengan putiing kecil dan beberapa saluran yang mengelilinginya. Puting bayi pria tidak berkembang lebih jauh karena pengaruh horomon keibuan. Sedangkan payudara gadis membesar pada masa pubertas. Saluran bercabang dan membanyak sedangkan jaringan lemak bertambah secara bertahap sepanjang masa dewasa sampai tercapainya kedewasaan penuh.

Perubahan Payudara Selama Kehamilan

Ketika anda hamil, rasa tergelitik dan mekarnya payudara mungkin terjadi perubahan tubuh yang pertama anda rasakan. Setelah enam minggu kehamilan bayi pertama, puting dan kulit di sekitarnya disebut areola menggelap dan kelenjar kecil yang disebut tonjolan montgomery memproduksi kelenjar palit pelumas yang membantu kulit tetap lemas selama pemberian ASI.

Produksi Kolostrum

Sepanjang pertengahan kedua kehamilan, kolostrum, cairan pra-ASI yang dikeluarkan payudara, dapat d keluarkan dari payudara. Kolostrum terus diproduksi selama beberapa hari setelah persalinan, sedikit demi sedikit kolostrum mengantar masa transisi dan kemudian pada ASI pada minggu – minggu berikutnya bagian cair dari kolostrum dan ASI adalah air dan semua unusur larut didalamny. Kolostrum mengandung lebih sedikit lemak dan gula dibandingkan ASI, tetapi kolostrum lebih kaya protein, vitamin, dan mineral serta sejumlah besar antibodi yang melindungi bayi yang baru lahir terhadap infeksi. Anti bodi itulah yang mencegah pertumbuhan bakteri dan mencegah timbulnya reaksi reaksi alergis.

Produksi ASI

Masa menyusui dipengaruhi oleh sejumlah hormon yang mencapai kelenjar penghasil susu melalui suatu jaringan pembuluh darah. Darah juga memberikan bahan untuk pembuatan kolostrum dan ASI.

Siklus Produksi Susu

Setelah selesai satu pemberian ASI, lebih banyak lagi susu yang di produksi, mengisi sel dan saluran dan menyebabkan sedikit kekakuan pada payudara sehingga sekitar sepertiga susu yang diperlukan telah siap menunggu penyusuan berikutnya.

Persiapan Selama Kehamilan

Jika anda tengah mengandung bayi pertama, anda dapat banyak belajar tentang pemberian ASI kepada kawan yang sedang menyusui atau yang baru berhenti menyusui.

Memilih pakaian yang cocok pada saat kehamilan

Cucilah puting susu anda setiap hari dengan air biasa

Mengetahui cara mengeluarkan kolostrum dengan tangan yang baik guna untuk mengeluarkan susu yang terlallu banyak dari payudara atau anda ingin mengosongkan payudara

Memperhatikan kandungan gizi yang anda miliki agar bayi dalam perut anda dapat memulai kehidupannya dalam lingkungan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Awal Yang Baik

Penyusuan pertama dapat dimulai segera setelah anda dan bayi anda merasa perlu atau keaadaan memungkinkan

Nikmatilah pertemuan pertama anda. Bairkan sibayi menyusu selama yang ia inginkan

Penyusuan pertama anda baisanya dilakukan ketika anda masih dalam tempat tidur sambil di sanggah oleh bantal

Menggunakan jari untuk menekan payudara menjauh dari hidung bayi agar ia dapat bebas bernafas

Susukan bayi tiap kali ia menangis, terbangun, dan ingin menghisap atau ketika payudara anda penuh dan ingin menyusuianya.

Hari Hari Pertama Dirumah

Pulang kerumah dengan menggendong bayi baru selalu mendatangkan kegembiraan, baik itu bayi pertama atau bayi yang kedua. Tetapi jika tidak d atur anda mungkin akan merasa lelah dan kehabisan tenaga pada penghujung hari. Setelah menghabiskan beberapa hari pertama di rumah untuk beristirahat, terutama di tempat tidur dan menikmati saat saat bersama bayi anda, anda dapat melakukan kegiatan secara bertahap. Selain itu anda juga harus memperhatikan gizi anda agar tetap segar dan menikmati masa menyusui bayi anda.

Memahami Bayi

Dibawah ini ada beberapa petunjuk untuk memahami bayi anda

  • Apakan bayi anda mendapatkan cukup susu? Anda tidak dapat melihat berapa banyak susu yang telah masuk ke perut bayi anda, tetapi kapasitas perutnya kecil sedangkan ASI amat mudah dicerna sehingga perut bayi baru lahir perlu sering diisi. Ini berarti ia perlu sering menyusu tetapi dalam jumlah sedikit untuk bisa merasa cukup puas.
  • Apakah ia menelan angin? Bila bayi cerewet dan bergeliut-geliut tidak tenang setelah cukup menyusu, angin sering kali di anggap penyebabnya
  • Apakah tinjanya normal? Tinja bayi yang melulu mendapat ASI biasanya mudah keluar, bervariasi warnanya dari hijau sampai kuning dan mempunyai bau yang kurang enak.
  • Tangisan seorang bayi merupakan bahasa satu-satunya untuk menyampaikan sesuatu
  • Tangisan tertentu di senja hari – apakah kolik? Ini merupakan pola tangisan lain biasanya terjadi pada bayi di bawah usia tiga bulan. Pola ini bisa mulai dari kegelisahan dan menangis sebentar-sebentar

Masalah Payudara Dan Puting

Payudara terlalu penuh? Masalah ini diakibatkan oleh gelombang air susu, suplai getah bening, dan darah yang tiba-tiba muncul pada awal menyusui.bendungan (engorgement) Ini normal hampir semua ibu baru mengalaminya dan akan hilang beberapa hari. Di bawah ini ada beberapa tahapan untuk perawatannya.

  1. Basuh kedua payudara dengan air hangat sampai air susu keluar, jika kedua payudara sudah terasa lunak keringkan dan tekan sehingga susu menetas keluar
  2. Keesokan harinya atau dua hari kemudian, susui bayi anda segera apabila anda merasa payudara anda penuh. Bangunkan bayi anda dan biarkan menghisapnya
  3. Setiap kali payudara mengencang sehingga putingnya terlihat rata, mandilah dengan air hangat. Berlulut dan membungkuk dihadapan ember berisi air hangat sehingga kedua payudara anda terendam didalam air tersebut
  4. Setelah menyusui, periksalah payudara abda apakah benar-benar lunak. Pijat daerah-daerah yang masih terasa keras dan tekan untuk mengeluarkan air susu dalam salurannya.

Banyak ibu baru yang putingnya luka pada hari-hari pertama menyusui. Keadaan ini kembali normal jika air susu mulai mengalir bebas. Di bawah ini ada beberapa cara perawatan puting susu yang sakit.

  1. Janganlah berhenti menyusui, susuilah bayi anda lebih sering, tetapi perpendeklah waktu hisapan. Saat bayi berhenti menelan setelah menghisap, angkatlah dia dengan hati-hati, untuk mengurangi rasa sakit pada puting yang luka.
  2. Cobalah rileks sebelum menyusui. Tempatkan tubuh anda pada posisi yang nyaman
  3. Usapakan butiran es untuk menghilangkan rasa sakit.
  4. Jika puting susu anda tidak tebentuk secara baik, cobalah memakai penutup payudara

Perkembangan Menyusui

Selama tiga bulan pertama bayi selalu menangis jika membutuhkan sesuatu dan segera berhenti menangis jika didekatkan pada payudara. Pada kelompok 4-8 bulan sangat efisien dalam menyusu. Mereka menghisap susu yang tersedia dengan sangat cepat dalam waktu lima menit atau kurang. Pada kelompok 9-12 bulan bayi sudah dapat merangkak, tidak lama lagi ia akan dapat berdiri, membungkuk, melihat-lihat kesekitarnya. Saat ini, meskipun ia tidak tertarik untuk menyusu lagi, tetapi masih ingin berada didekat anda. Pada usia 2 tahun apakah anda harus terus menyusui bayi anda setelah ia sudah mulai dapat berjalan, merupakan pertanyaan.

Penyapihan

Penyapihan mengandung arti membiasakan pada sesuatu yang baru. Penyapihan dapat tercapai dengan mengganti susu anda dengan memakan lain yang cocok secara bertahap. Apabia anda terpaksa harus menyapih bayi anda yang baru berusia beberapa bulan karena alasan tertentu dan mengganti ASI dengan susu botol, cobalah membiasakan minum susu anda yang telah di pompa, air atau sari buah untuk memberitahukannya bahwa suatu kali ia akan mendapatkannya. Untuk menyapih bayi berusia di bawah 8 bulan, penyapihan dilakukan secara perlahan untuk menghindari pembengkakan payudara dan bayi yang frustasi atau tergannggu emosinya. Anda tidak perlu menyapih bayi secara tiba-tiba karena hal ini akan menimbulkan ganngguan emosi dan fisik. Untuk menyapihi bayi yang lebih besar, sampai dengan usia 15 bulan tidak usah cemas. Karena pada kelompok ini kurang tertarik untuk di susui, mereka mendapat rasa makanan baru.

KESIMPULAN

  • Anda harus yakin bahwa pemberian ASI merupakan tindakan yang tepat sehingga anda tidak mudah putus asa ketika pertama kali menjumpai hambatan.
  • Bayi yang baru dilahirkan harus disusui sesegera mungkin setelah persalinan karena pada saat itu dorongan untuk menghisap amat kuat.
  • Berikan ASI setiap kali ia lapar. Anda tidak perlu menjam-jamkan pemberian ASI. Makin banyak sibayi mengisap, makin banyak pula ASI yang keluar.
  • Berikan hanya ASI pada bayi anda untuk paling tidak 4 sampai 6 bulan.
  • Tangisan selalu berarti sesuatu. Biasanya pada hari-hari pertaman pertanda lapar
  • Metode “satu ruangan” (rooming in) mungkin perlu dibiasakan sehingga ibu dapat merawat bayinya sendiri dan sibayi dapat tidur di sampingnya mulai sejak kelahirannya.

Penyapihan harus dilakukan secara bertahap, biarkan si bayi yang menentukan jangan terburu-buru.

Sumber : Neilson, Joan. 1995. Cara Menyusui Yang Baik (Alih Bahasa Gianto Widianto & Yustina Rostiawati). Jakarta : Arcan.

1 komentar:

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya.… Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"
Ada kesalahan di dalam gadget ini