Rabu, 03 Maret 2010

Mengenal Penyakit AIDS

AIDS(Acquired Immune-deficiency disease syndrome) adalah Penyakit yang dapat menyebabkan kematian.AIDS disebabkan oleh virus HIV(Human Immunodefieciency Virus)yang mulai dikenal pada abad ke 20.Berdasarkan data tahun 2004,ADS menjadi epidemic yang menyebabkan kematian didunia sampai 3.1 juta jiwa.

1.Gejala HIV

AIDS disebabkan oleh indeksi HIV,virus ini akan merusak system kekebalan tubuh dengan cara menyerang seldarah putih.seseorang yang mengidap AIDS tidak dapat melindungi dirinya dari segala macam bibit penyakit.Akibatnya penderita bisa terserang berbagai penyakit.

Pada awalnya,orang yang terinveksi HIV tampak seperti otang yang sehat dan tidak memperlihatkan gejala-gejala tertentu fase ini terjadi selama 5-7 tahun,tergantunng dari kekebalan tubuh si penderita.

Pada tahap selanjutnya,akan muncul gejala awal seperti:Hilangnya selera makan,tubuh terasa lemas dan badan terasa berkeringat secara berlebihan pada malam hari,kemudian akan timbul bercak-bercak dikulit,terjadi pembengkakan kelenjar getah bening,mengalami diare terus menerus,serta flu yang tidak sembuh-sembuh.Fase ini berlangsung selama 6 bulan sampai 2 tahun.

Tahap terakhir/fase AIDS akan terdiagnosa setelah kekebalan tubuh sudah sangat berkurang.Pada tahap ini biasanya penberita mudah terserang penyakit TBC,Pneuminia,Herpes,Gangguan Saraf dan sebagainya.Kejadian ini berlangsung selama3-6bulan.Untuk mengetahui apakah seseorang dinyatakan positif menderita ADS,harus dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap banyaknya jumlah sel T pada darahnya.

2.Penularan HIV

Tahukah kamu cara penularan HIV/sebagian besar orang tertular HIV karena hubungan seksual,Virus ini dapat menyerang orang pemakai narkoba dan tato yang menggunakan jarum suntik dan semprotan yang telah terkontaminasi oleh Virus HIV juga bisa melalui transfusi darah.Ibu hamil yang mengidap AIDS dapat menularkan Virus HIV pada janin.

Penularan HIV sangat cepat sekali,seperti di Indonesia.Hal ini disebabkan oleh penggunaan narkoba semakin banyak,seks bebas,dan perpindahan penduduk yang tinggi.untuk itulah,kita harus menggapi dengan serius dan sebisa mungkin mencegah Virus ini.

3.Pencegahan HIV

Obat penyakit AIDS belum ditemukan sampai saat ini,satu-satunya jalan supaya terhindar dari penyakit ini adalah meningkatkan iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.selain itu,AIDS dapat juga dicegah dengan cara sebagai berikut:

  1. a.Menghindari hubungan Seks bebas dengan orang yang menderita penyakit ini.
  2. b.Menghindari hubungan sekls dengan orang pecandu narkoba
  3. c.Mengadakan pemeriksaan laboratorium terhadap orang yang akan mendonorkan darahnya.

Selain AIDS beberapa penyakit yang penyebarannya melalui hubungan seksual.Tahukah kamu penyakit apa saja yang dapat menyebar melalui hubungan seksual? Penyakit kelamin dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyakit kelamin dan gejalanya

PENYAKIT

GEJALA

AKIBAT

GONORE

(kencing nanah)

Pada perempuan keluar nanah yang berasal dari vagina dan urine

Bermasalh pada saat kehamilandan proses melahirkan

KLAMIDIA

(klamidiase)

Pada laki-laki akan mengeluarkan nanah dari penis saluran kemih

Laki-laki terinfeksi pada testis

SIFILIS

(raja singa)

Seperti halnya gonore tidak tampak gejala 70% perempuan 10%pada laki-laki.

-Perempuan bermasalah pada saat kehamilan

-Pada laki-laki bermasalah pada saat bersihan.

HERPES

Luka pada vagina atau penis

Membahayakan jantuk dan otak ,melalui ibu hamil yang ditularkan ke fetusnya

CANDIDIASIS

-Luka pada vagina atau penis seperti bercak-barcakyang menyerang pada alat kelamin manusia.

-Infeksi pada dinding vagina,langit-langit,lipatan dekat anus

-Melalui proses kelahiran infeksi berasal dari ibu selama kelahiran

-Kebersihan vagina,mulut dan anus tidak tejaga

 

Sumber :

Sudibyo Elok,Widodo wahoro,dkk:2008:Pusat perbukuan ,Departemen Pendidikan Nasional,Jakarta.

2 komentar:

  1. trima kasih atas artikelnya yah.... kpn2 kunjungi blog saya yah sdra yach dan follow me, please

    BalasHapus
  2. trima kasih... kalaw ada waktunya,,, tolong dikiunjungi blog saya yah ...trima kasih banyak

    BalasHapus

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya.… Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"
Ada kesalahan di dalam gadget ini