Jumat, 08 April 2011

Membuat Posting atau Entri Baru di Blogspot

Setelah kita selesai membuat blog di blogger blogspot seperti pada pembahasan panduan dan tutorial blog gratis sebelumnya, kali ini Saya akan sedikit mengulas tentang bagaimana memulai membuat/menulis artikel (posting) atau dalam bahasa yang disediakan dalam template post editor biasa di sebut "Entri Baru" atau "New Post".
Untuk memulai blogging atau menulis di blog, caranya sangatlah mudah. Ikuti panduan berikut ini:
  1. Seperti biasa, login terlebih dahulu ke www.blogger.com.
  2. Setelah login, Anda akan dibawa ke halaman dasbor/dashboard blog Anda. Untuk memulai posting atau menulis silakan klik "Entri Baru" atau "New Post".
  3. Silakan Anda tulis apa saja yang Anda inginkan pada halaman atau post editor yang terbuka dihadapan Anda (bisa pilih "Edit HTML" atau " Compose" mode sesuai keinginan). Jika Anda sudah membuat tulisan sebelumnya, baik di notepad maupun ms word, maka Anda hanya perlu meng-copy-paste nya saja kedalam halaman kosong tersebut.
  4. Jangan lupa masukan judul posting di bagian atas "Judul" atau "Title", isi label yang sesuai dengan isi tulisan yang Anda buat. Misalnya label tulisan yang Anda baca sekarang ini Saya beri label "Blogging, Panduan dan Tutorial". Nanti nama label tersebut akan muncul di bawah halaman hasil posting Anda. Label ini memiliki peranan sebagai kategori atau tag yang akan membantu google dalam mengenali dan mengindex artikel atau karya tulis Anda di hasil pencarian google.
  5. Cek kembali hasil tulisan Anda tersebut dengan meng-klik "Pratinjau" atau "Preview" dan jika sudah ok, silakan klik "Publish" atau "Terbitkan Entri".
Hasil tulisan Anda sekarang sudah dapat dibaca dan nikmati oleh semua orang.

Panduan dan tutorial berikutnya akan membahas bagaimana melakukan pengaturan atau setting pada blog Anda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Fast, Reliable Web Hosting