Selasa, 29 Maret 2011

Cara membuat blog di blogspot

Tutorial Panduan Gratis Membuat Blog Di Blogger Blogspot
1. Mengenal Apa Itu Blog
Web log atau yang sering juga disebut blog adalah sebuah diary atau catatan-catan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya.
Blog juga sama dengan situs-situs atau web yang sering Anda temui di internet.

2. Apa kegunaan memiliki blog?
Dengan memiliki blog, kita dapat melatih kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi atau hal-hal yang ingin kita sampaikan kepada orang lain dengan tanpa bermaksud menggurui atau sok tahu tentang apa yang kita ketahui kepada pembaca. Dengan memiliki blog, kita dapat memperoleh banyak ide yang didapat dari berbagai sumber yang memberikan komentar atas tulisan yang kita terbitkan di blog yang kita buat dan akan menjadi pacuan semangat kita dalam menggali pola pikir yang kreatif dan positif tentang apa yang dapat kita lakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Sudah banyak orang-orang yang meraih kesuksesan hanya dengan memiliki sebuah blog, karena blog bersifat terbuka bagi siapa saja sehingga dapat juga dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis mereka secara online diantara sela-sela karya tulisan yang mereka terbitkan dan disukai banyak orang yang mencari dan membacanya. Dengan blog juga kita dapat memiliki banyak teman dari berbagai daerah dan negara yang terdapat kesamaan kaitannya dengan isi blog kita.
Itulah sedikit pembahasan tentang apa arti dan kegunaan dari blog. Sekarang saatnya saya berbagi pengetahuan tentang bagaimana kita dapat memiliki sebuah blog, dan tentunya blog yang versi gratisan tapi popularitasnya tinggi. Blog yang saya maksud adalah blog yang disediakan oleh layanan google yaitu blogger atau blogspot.

3. Cara Membuat Blog Di Blog Gratis Blogger Blogspot
Blogspot adalah salah satu layanan blog gratis yang disediakan google kepada pengguna/pelanggan setia mereka yang dapat di akses dengan mmengunjungi dan mendaftar di blogger.com. Salah satu syarat agar dapat membuat blog blogspot di blogger.com adalah memiliki account google, yang paling umum digunakan terutama account gmail atau google mail.
Nah bagi yang belum memiliki account email google Saya sarankan untuk mendaftar dulu disini dan bagi yang sudah memiliki account google, silakan langsung mengikuti panduan membuat blog di blogger blogspot sebgai berikut :
a. Login menggunakan Username dan Password google account atau gmail Anda di www.blogger.com
b. Agar lebih mudah dimengerti, ubah dulu bahasanya kebahasa indonesia jika halaman yang Anda buka masih berbahasa inggris. Lihat pilihan bahasa dipojok kanan atas halaman tersebut.
c. Jika sudah login, tahap ke-1 yang harus Anda lakukan: klik tulisan "CIPTAKAN BLOG ANDA".
d. Pada tahap ke-2, beri nama blog Anda: Isi nama judul blog yang nantinya akan menjadi nama atau judul utama blog Anda. Isi alamat blog (URL) yang Anda inginkan, jika alamat yang Anda masukkan tidak tersedia untuk didaftarkan, ganti dengan nama lainnya sesuai selera sampai terdapat keterangan tersedia, klik "LANJUTKAN".
e. Pada tahap ke-3, pilih salah satu template dengan menandai tanda bulat kecil dari template tersebut. Template dapat Anda ganti dan edit lagi nanti sesuai keinginan Anda jika blog Anda sudah jadi. Klik "LANJUTKAN".
f. Sekarang blog Anda sudah jadi dan dapat memulai blogging atau menulis apa saja yang ingin Anda terbitkan di blog Anda tersebut. Saran Saya sebaiknya Anda mempersiapkan minimal satu postingan atau tulisan sebelumnya menggunakan Ms. Word atau notepad, dan kemudian Anda copy ke post editor lalu klik "pratinjau/preview" untuk melihat hasil tulisan dan jika sudah pas menurut Anda, klik "Publish/Terbitkan Entri". Hal ini untuk menghindari blokir dari google karena khawatir dianggap sebagai spam.

Langkah awal pembuatan blog Anda sudah beres, langkah selanjutnya adalah membuat posting baru, pengaturan blog, editing tata letak/rancangan/design untuk tampilan blog Anda yang akan dibahas pada halaman panduan dan tutorial blog selanjutnya.

1 komentar:

  1. Terimakasih banyak pak karena dengan aritikel bapak ini saya belajar dan banyak tau tentang blog,.... Maaf bukanya saya bermaksud untuk mencuri artikel bapak ini tapi, izinkanlah saya untuk berbagi ilmu yang saya dapat dari artikel bapak ini kepada orang lain mungkin dengan membaca artikel yang saya copy dan saya bagikan ini mudah mudahan akan selalu bermanfaat untuk orang lain.Sekali lagi saya mohon maaf dan atas artikel yang bapak posting saya ucapkan banyak terimakasih semoga Yang Maha Kuasa akan selalu memberikan kemudahan kemudahan serta memberikan ilmu yang lebih dan bermanfaat untuk kita semua AMIN

    BalasHapus




Fast, Reliable Web Hosting